Dengan Vaksin Kedua, Perjalanan Domestik Jawa-Bali Tidak Harus Tes PCR

Kemajuan kondisi di masa PPKM tiap daerah saat ini, membuat peraturan melakukan perjalan menggunakan pesawat di wilayah dengan kategori level 2 dan 3 Jawa-Bali tidak perlu melakukan tes PCR lagi. Peraturan ini berlaku apabila sudah melakukan vaksinasi hingga dosis kedua. Lalu apa saja yang perlu disiapkan dan siapa saja yang dapat melakukan perjalanan domestik dengan pesawat?

 

Peraturan mengenai perjalanan menggunakan pesawat dan persyaratannya

Menurut Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021, Hasil tes negatif PCR tidak lagi diperlukan bagi penumpang perjalanan di wilayah kategori 2 dan 3 Jawa-Bali dengan pesawat terbang apabila sudah melakukan vaksinasi Covid 19 secara lengkap hingga dosis kedua. Saat melakukan perjalanan antar kota atau antar kabupaten di dalam wilayah Pulau Jawa dan Bali, cukup dengan menunjukkan

  • Surat keterangan hasil vaksin dosis kedua
  • Surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Bagaimana dengan yang baru mendapatkan dosis pertama?

Bagi yang baru melakukan vaksinasi Covid 19 dosis pertama dan akan melakukan perjalanan Jawa-Bali memiliki peraturan sedikit berbeda, yaitu harus menunjukkan:

  • Surat vaksin minimal dosis pertama
  • Surat keterangan hasil negatif tes PCR yang diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk luar daerah Jawa-Bali apakah peraturannya sama?

Sedangkan perjalanan jarak jauh dengan transportasi udara dari dan ke Pulau Jawa dan Pulau Bali, dan menuju daerah dengan kategori PPKM Level 4 dan PPKM Level 3 peraturannya yaitu wajib menunjukan:

  • Kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama
  • Surat keterangan hasil negatif tes PCR yang diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan.

Aturan ini berlaku meskipun penumpang sudah melakukan 2 kali vaksin. Dengan demikian syarat negatif Covid-19 dengan rapid test antigen tanpa perlu tes PCR hanya berlaku untuk perjalanan udara di dalam wilayah Jawa-Bali bagi yang sudah vaksin dosis kedua saja.

 

Sumber Dok : Kompas.com

Sumber:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20210831100053-4-272486/sudah-vaksin-kedua-naik-pesawat-tak-perlu-lagi-tes-pcr

https://money.kompas.com/read/2021/08/31/133736126/ppkm-berlanjut-ini-syarat-perjalanan-naik-pesawat-wilayah-jawa-bali?page=all