Tips Bekerja di Perusahaan Jepang di Indonesia


Di era global ini tentunya beberapa perusahaan di dunia akan melebarkan sayapnya untuk mencapai client yang memang membutuhkannya.

Perusahaan dari Jepang pun banyak yang datang ke Indonesia untuk membuka cabangnya mengikuti kebutuhan yang memang ada di pasaran Indonesia.

Untuk kalian terutama yang memiliki dasar berbahasa Jepang tentunya memiliki kesempatan besar di sini untuk melatih kemampuan bahasa dan untuk berkarya lebih jauh. Namun apa saja yang perlu diperhatikan selain kemampuan bahasa?

 

Manajemen waktu


Walaupun perusahaan Jepang ini membuka cabang di Indonesia, tentu ada beberapa nilai kerja di Jepang yang akan diimplementasikan di sini. Terutama adalah manajemen waktu orang Jepang.

Orang Jepang sangat disiplin dengan waktu. Mereka tidak pernah telat sampai di kantor dan menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.

Hal yang perlu diperhatikan di sini bukan hanya kebiasaan orang Jepang yang selalu tepat waktu, tapi bagaimana mereka bekerja agar bisa diselesaikan tepat waktu.

Dalam bekerja kita pasti memiliki target untuk masing-masing pekerjaan, mana yang lebih penting dan juga lebih mendesak. Dari sini kita harus bisa membagi-bagi waktu dalam satu hari untuk pekerjaan yang harus dikerjakan hari itu.

Dengan mengutamakan dan fokus pada pekerjaan yang mendesak dan memberikan batasan waktu untuk menyelesaikannya, pekerjaan akan lebih cepat selesai dan kita bisa fokus mengerjakan pekerjaan lainnya.

Kebiasaan orang Jepang untuk lembur juga bukan karena mereka lama dalam menyelesaikan pekerjaan, namun karena mereka sudah merencanakan target dalam jangka waktu yang lebih besar sehingga mereka menganggap pekerjaan tersebut harus segera diselesaikan agar bisa mencapai target.

 

Hubungan kerja antara atasan dengan bawahan


Orang Jepang sangat menjunjung hubungan kerja antara atasan dengan bawahan karena sistem di Jepang dalam suatu perusahaan semua akan memulai dari bawah untuk kemudian sedikit demi sedikit baik jabatan hingga sampai di posisi atas.

Sebagai atasan, mereka akan memiliki tanggung jawab tinggi baik terhadap diri sendiri maupun bawahannya sehingga mereka akan sangat memperhatikan cara kerja bawahannya.

Oleh karena itu apabila kita bekerja sebagai bawahan dari orang Jepang kita harus bisa memberikan kinerja terbaik karena ekspektasi yang tinggi dari atasan. Namun bukan berarti pekerjaan kita akan semakin penuh tekanan, karena tanggung jawab yang ada tadi kita pun sebaiknya bisa memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

Hubungan ini pun biasanya hanya terbatas pada saat bekerja saja. Beberapa pekerja perusahaan asing di Indonesia biasanya merasa hubungan atasan bawahan tadi biasanya tidak akan dibawa saat mereka sedang tidak bekerja.

Jadi hubungan atasan bawahan memang semata-mata demi pekerjaan dan orang Jepang sangat profesional dalam pekerjaannya.

 

Komunikasi yang baik


Komunikasi adalah hal terpenting yang harus bisa dikuasai agar bisa bekerja lebih baik lagi di perusahaan Jepang. Terutama kemampuan dalam memberikan hourensou (報告 ‘houkoku’, 連絡 ‘renraku’, 相談 ‘soudan’).

 

〉 Houkoku

Apabila kita diberikan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas, jangan lupa untuk melaporkan progress pekerjaan kalian. Dengan melaporkan progress pekerjaan kita, orang lain dapat memberikan kritik dan masukan.

Kadang ada hal yang luput dari perhatian kita dan dengan memberikan laporan progress, pekerjaan kita akan lebih tepat sasaran dan kita bisa lebih menghemat tenaga untuk menyelesaikannya.

Hal ini juga berlaku apabila kita melakukan kesalahan dalam bekerja. Laporkan apabila kalian melakukan sebuah kesalahan baik itu sengaja maupun tidak sengaja, karena kesalahan tersebut harus segera diperbaiki agar bisa mencapai hasil yang diinginkan.

 

〉 Renraku

Kita juga harus bisa memberikan info kepada rekan kerja kita sesuai dengan fakta dan keputusan yang telah disepakati agar semuanya mempunyai informasi yang sama dan menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Sebagai contoh, apabila kita mendapatkan suatu pengumuman dari atasan, kita harus bisa menyampaikan informasi sesuai dengan yang kita dapatkan ke rekan kerja lainnya agar semuanya tahu.

Hindari juga memasukkan pendapat sendiri karena bisa membuat orang lain salah menangkap informasi yang sebenarnya disampaikan.

 

〉 Soudan

Apabila kita kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan atau dalam mengambil keputusan, jangan sungkan untuk berdiskusi dengan atasan atau senior untuk mendapatkan masukan. Pastikan juga untuk berdiskusi dengan orang yang tepat agar kita bisa mendapatkan masukan sesuai dengan kesulitan yang kita hadapi.

Misalnya, apabila kita kesulitan dengan pekerjaan yang kita lakukan, berdiskusilah dengan atasan yang memberikan pekerjaan tersebut bukan kepada orang yang tidak ada hubungannya.

 

Dengan memahami cara kerja orang Jepang ini, bukan hanya sebagai pekerja di perusahaan Jepang, kita juga bisa menjadi karyawan dengan nilai baik dari budaya Indonesia dan juga budaya Jepang yang membuat kita memiliki nilai tersendiri. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk kalian yang ingin coba bekerja di perusahaan Jepang.

 

Sumber:

https://www.oli.omron.co.jp/express/young/knowhow/knowhow_m07.html