Kemampuan yang Harus Dimiliki Bagi Seorang HR


Sebagai HR di sebuah perusahaan tentunya memiliki berbagai tanggung jawab yang sangat mempengaruhi perusahaan. Karena HR memiliki tugas yang vital dalam perusahaan, yaitu memanage sumber daya manusia dalam perusahaan agar bisa mencapai tujuan bersama dari perusahaan. Karena itu sebagai pekerja di bidang HR tentunya dituntut untuk memiliki kemampuan tertentu yang nantinya akan menguntungkan baik bagi perusahaan maupun karyawan yang ada di dalamnya.

Berikut kami rangkum beberapa skill yang akhir-akhir ini menjadi skill yang in-demand untuk dimiliki oleh seorang HR.

  1. Menjaga hubungan baik antar karyawan dan juga perusahaan

    Hubungan yang baik antara karyawan dengan perusahaan akan banyak membantu dalam mensukseskan bisnis perusahaan. Kenapa demikian? Karena dengan adanya hubungan baik antara karyawan dan perusahaan bisa menciptakan suasana kerja yang baik dan tentunya membuat pekerjaan bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Maka dari itu skill untuk mengatasi konflik antara karyawan dengan perusahaan sebaiknya dimiliki oleh seorang HR. Caranya pun beragam dan luas, baik dengan memperhatikan benefit yang bisa diterima oleh karyawan hingga mengatasi perselisihan antar karyawan.


  2. Onboarding

    Karyawan yang bertahan lama di perusahaan juga bisa menjadi salah satu aset yang menguntungkan perusahaan. Oleh karenanya HR sebaiknya bisa membuat karyawan merasa “diterima” di perusahaan dengan memberi sambutan yang baik agar karyawan baru bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial serta performance dari perusahaan. Bila diandaikan sebagai kapal, maka HR akan mengajak karyawan untuk bisa bergabung bersama untuk mencapai tujuan bersama.


  3. Human Resources Information Software (HRIS)

    Dengan majunya teknologi, banyak perusahaan yang mulai menggunakan perangkat lunak yang memudahkan kerja HR yang disebut HRIS ataupun HRMS. Kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak ini nantinya akan menjadi salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan.


  4. Performance management

    Memonitor performance dari karyawan juga merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki oleh HR. HR tentunya memiliki beberapa parameter untuk menilai karyawan di perusahaan agar bisa terus memantau kemajuan kinerja perusahaan. Skill ini tentunya sangat berhubungan dengan kemampuan kita dalam berkomunikasi dan juga kemampuan interpersonal kita, yaitu cara kita berhubungan dengan orang lain.
    Menurut HR Manager dari Badger Maps, Sophie Lhoutellier, dikutip dari artikel asli dari Rasmussen College, untuk bisa meniti karir sebagai HR kita harus memiliki kemampuan mendengarkan, berempati dan kecerdasan emosional yang baik. Karena kunci dari komunikasi yang baik dimulai dari menjadi pendengar yang baik agar perusahaan bisa menjadi tempat yang lebih baik untuk karyawannya.


  5. Kerjasama dalam tim yang baik

    Memiliki tim yang memiliki misi yang sama dan bisa bekerja sama dengan baik sangat dibutuhkan untuk bisa menciptakan lingkungan kerja yang baik, menurut Vicki Choi direkrut HR dari Course Hero. Walaupun kita mungkin berpikir bahwa teamwork merupakan sesuatu yang sudah ada dari sananya jika kita bekerja di bidang HR, kenyataannya kemampuan bekerja sama dalam tim ini masih menjadi salah satu skill yang paling banyak dibutuhkan dalam merekrut karyawan HR.
    Hal ini kemudian dapat mencerminkan pola pikir profesional HR yang melihat dari keseluruhan visi perusahaan, bukan tugas dan peraturan yang harus mereka kerjakan setiap harinya.


  6. Scheduling

    Banyak perusahaan yang membutuhkan HR dengan kemampuan membuat jadwal yang baik karena mereka harus bisa mengatur serta memprioritaskan kegiatan tertentu dalam perusahaan. HR dibutuhkan dalam perusahaan untuk bisa membantu dalam membuat planning yang baik agar bisa mencapai tujuan bersama.


  7. Customer service

    Kemampuan dalam manajemen dan juga leadership merupakan kemampuan yang tentunya diperlukan untuk seorang HR profesional. Namun kemampuan customer service juga memberikan banyak manfaat untuk bisa menyelesaikan masalah yang muncul dalam lingkungan kerja.
    Kembali lagi, soft skill seperti empati dan komunikasi sangat diperlukan karena kemampuan ini bukanlah hal yang mudah untuk diajarkan.


  8. Project management

    Kemampuan dalam memanage suatu proyek juga menjadi salah satu kemampuan yang dicari dalam seorang HR. Karena pada dasarnya setiap tugas yang diberikan dapat berjalan dengan lancar bila memiliki kemampuan untuk menjalankan sebuah proyek, baik itu proyek kecil maupun proyek besar. Kemampuan ini juga memiliki korelasi dengan kemampuan leadership dan juga etika yang baik dalam bekerja.


  9. Kompensasi untuk karyawan

    Perusahaan tentunya harus bisa menangani masalah yang terjadi kepada karyawannya ketika bekerja seperti jika terjadi kecelakaan kerja. HR pun dituntut untuk bisa meng-handle insiden yang berhubungan dengan kecelakaan kerja serta kesehatan dari karyawannya. Maka dari itu HR sebaiknya memiliki pemahaman yang baik tentang hukum yang berlaku yang berhubungan dengan hal tersebut agar bisa memandu perusahaan dalam memberikan kompensasi untuk karyawan serta cara untuk bisa membantu karyawannya.


 

Sumber: https://www.rasmussen.edu/degrees/business/blog/human-resources-job-skills-employers-want-to-see/