Kompensasi Karyawan di Perusahaan

Rasanya kita tidak asing dengan kata “kompensasi”. Kompensasi dapat bermakna imbalan berupa uang atau bukan uang (natura), yang diberikan kepada karyawan dalam perusahaan atau organisasi. Kompensasi dapat berupa gaji pokok, maupun insentif dan komisi.

Kompensasi memiliki dampak positif pada kedua belah pihak, yaitu perusahaan dan juga karyawan. Dengan adanya kompensasi, karyawan akan lebih termotivasi untuk bekerja dan berpengaruh pada produktivitas perusahaan. Selain itu, kompensasi juga dapat menjadi daya tarik sebuah perusahaan bagi para pencari kerja.

Pengalokasian kompensasi yang tepat dapat membantu perusahaan mendapatkan karyawan yang kompeten. Perusahaan dengan karyawan yang kompeten akan dapat lebih mudah mengembangkan bisnisnya. Karyawan yang betah dengan perusahaan akan bertahan di perusahaan tersebut dan bagi perusahaan, hal ini akan menghemat biaya dan waktu rekrutmen.

Strategi pemberian kompensasi

Untuk strategi dalam pemberian kompensasi sendiri ada 3:

  1. Terjangkau bagi perusahaan
  2. Terstruktur, untuk memastikan pekerjaan karyawan terarah untuk mencapai tujuan perusahaan
  3. Kompetitif, agar menarik dan dapat membantu perusahaan mendapatkan karyawan terbaik

Jenis kompensasi

Ada beberapa jenis kompensasi yang dapat diberikan perusahaan, seperti:

  • Gaji. Untuk menentukan jumlah gaji untuk sebuah posisi, perusahaan perlu menetapkan nilai posisi berdasarkan persyaratan organisasi Anda dan juga memahami harga pasar untuk posisi serupa
  • Insentif. Dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yakni:
    • Bonus, yang menjadi reward atas performance karyawan baik itu individual, tim maupun perusahaan dan dapat di-set untuk mendorong dan juga mensupport kebutuhan perusahaan dalam profit dan project.
    • Komisi, merupakan jenis kompensasi yang umum diberikan pada sales atas penjualan produk atau jasa. Komisi biasanya dihitung sebagai persentase dari penjualan barang atau jasa tersebut, misalnya 5% dari penjualan satu bulan.
  • Kompensasi non-finansial dan finansial tidak langsung, dalam bentuk tidak berwujud atau ada kaitannya dengan uang, seperti:
  • pelatihan atau training untuk keterampilan tertentu
  • keanggotaan gym, dan lainnya.

Tujuan perusahaan memberikan kompensasi pada karyawannya

Walaupun terlihat seperti lebih menguntungkan pihak karyawan, kompensasi memiliki tujuan yang juga memberi dampak positif kepada perusahaan. Berikut beberapa alasan pentingnya menyiapkan kompensasi untuk karyawan.

  • Meningkatkan loyalitas karyawan, terutama karyawan yang menjadi aset bagi perusahaan.
  • Mengefisiensikan biaya dengan mengurangi biaya yang digunakan dalam proses rekrutmen karyawan baru. Biaya yang dikeluarkan untuk kompensasi juga dapat memicu kualitas karyawan sehingga kinerja dalam perusahaan semakin membaik.
  • Memicu karyawan untuk bekerja dengan lebih baik lagi dengan adanya reward yang mereka dapatkan. Kerja yang baik, kesetiaan, pengalaman, tanggung jawab dan perilaku-perilaku lainnya yang dapat meningkat berkat dihargai melalui fasilitas yang efektif dari perusahaan/organisasi.

Sumber:

Macam-macam Kompensasi Perusahaan yang Diberikan Kepada Karyawan

Kompensasi: Pengertian & Jenis-Jenisnya dalam Perusahaan