PPKM diperpanjang lagi sampai 13 September 2021: Apa lagi peraturan barunya?

PPKM Jawa Bali akan di perpanjang hingga 13 September 2021. Hal ini dikarenakan penerapan protokol kesehatan di beberapa daerah menunjukan hasil yang cukup baik. Ini juga ditunjukkan dengan berkurangnya jumlah daerah atau kabupaten yang berada pada PPKM Level 4, dan bertambahnya jumlah wilayah yang dinyatakan menjadi PPKM Level 2. Sementara itu, tidak banyak yang berubah dari PPKM kali ini, namun ada beberapa penyesuaian di sektor aktivitas masyarakat.

Apakah penyesuaian sektor masyarakat tersebut?

Hal yang berbeda dari perpanjangan PPKM kali ini yakni penyesuaian waktu makan di tempat atau dine in di mal berubah menjadi 60 menit, dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Hal ini akan diuji coba di 20 tempat di daerah PPKM Level 3. Meski demikian pengelola tempat makan tersebut harus tetap menerapkan protokol kesehatan serta menggunakan platform PeduliLindungi untuk membantu proses tracing penyebaran COVID-19.

Peraturan untuk transportasi umum

Untuk transportasi menggunakan kereta, pihak KAI Commuter Line memberikan informasi bahwa STRP maupun surat keterangan lainnya tidak lagi berlaku untuk naik KRL per tanggal 11 September 2021. Pengguna KRL cukup menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama serta menunjukkan KTP untuk memverifikasi sertifikat. Bagi yang belum menerima vaksin karena kondisi medis dapat menunjukkan surat keterangan resmi dari dokter di puskesmas maupun rumah sakit mengenai kondisinya.

Sertifikat vaksin sebagai syarat menggunakan kereta ini berlaku untuk KRL Commuter Line Jabodetabek, KRL Yogyakarta – Solo, KA Prambanan Ekspres (Kutoarjo – Yogyakarta PP), dan KA Lokal yang dioperasikan oleh KAI Commuter.

Selain peraturan di atas, ada juga peraturan lain yang berlaku saat bepergian dengan moda transportasi lain seperti pesawat dan kendaraan mobil pribadi.
Berikut beberapa aturan bepergian selama PPKM untuk kedatangan dari luar Jawa dan Bali maupun dari Jawa dan Bali ke luar:

  1. Masyarakat harus menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama.
  2. Pengguna pesawat menunjukkan hasil PCR H-2.
  3. Pengguna mobil pribadi, sepeda motor, bis, kereta api, dan kapal laut menunjukkan hasil Antigen H-1.

Perlu diingat bahwa aturan tersebut berlaku untuk kedatangan dari luar Jawa dan Bali, serta keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar dari Jawa dan Bali. Aturan tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi, seperti Jabodetabek.

Dengan diperpanjangnya PPKM ini semua berharap keadaan akan menjadi lebih baik. Kondisi seperti ini juga kita semua harus tetap waspada dan harus tetap menerapkan protokol kesehatan meski level PPKM di daerahnya menurun.

Sumber Foto : Suara.com

Sumber:
https://www.suara.com/news/2021/09/06/184545/breaking-news-ppkm-level-4-pulau-jawa-bali-diperpanjang-sampai-13-september-2021?page=all

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4651836/ppkm-diperpanjang-sampai-13-september-be[…]esawat-dan-lainnya?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

https://news.detik.com/berita/d-5714073/syarat-naik-krl-terbaru-mulai-8-september-tunjukkan-sertifikat-vaksin