PPKM Diperpanjang Lagi sampai 4 Oktober, Perkantoran Non Esensial Boleh WFO 25%

Penerapan PPKM masih berlanjut di wilayah Jawa-Bali sebagai upaya mengendalikan pandemi covid-19. Pada periode PPKM kali ini sudah tidak ada lagi daerah di Jawa-Bali yang berstatus level 4. Perpanjangan PPKM diberlakukan selama dua minggu untuk Jawa-Bali, dari tanggal 21 September 2021 hingga 4 Oktober 2021. Tetapi, evaluasi tetap dilakukan setiap minggu untuk melihat perubahan-perubahan yang terjadi.

Berikut pelonggaran aturan PPKM Jawa-Bali periode 21 September-4 Oktober 2021:

1. Perkantoran Non Esensial Boleh WFO 25%

Pekerja perkantoran non esensial di kabupaten/kota level 3 dapat bekerja secara work from office (WFO) dengan kapasitas maksimal 25 persen. Pegawai yang masuk harus sudah vaksinasi dan harus memakai QR PeduliLindungi.

Berikut ini cara mengajukan permintaan untuk mendapatkan QR code PeduliLindungi untuk perkantoran:

  1. Pendaftar mengajukan surat permohonan dan formulir pendaftaran PIC (penanggung jawab) ke email registrasi.qrpl@kemkes.go.id
  2. Pendaftar akan menerima email berisi username dan password untuk diaktivasi
  3. Setelah diaktivasi, pendaftaran dinyatakan selesai setelah pendaftar melakukan konfirmasi yang dikirim lewat email

Cara serupa juga dapat diajukan oleh pengelola mal atau fasilitas umum lainnya, tetapi email dikirimkan ke pusdatin@kemkes.go.id.

2. Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sedang dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan mal bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun. Anak dibawah 12 tahun boleh masuk mal dengan syarat harus didampingi dan diawasi oleh orang tua.

3. Pembukaan Bioskop

Bioskop akan dibuka pada kabupaten/kota level 3 dan 2 dengan kapasitas maksimal 50 persen. Pengunjung yang bisa masuk hanya orang dengan kategori hijau dan kuning pada hasil scan aplikasi PeduliLindungi.

4. Restoran dan Fasilitas Olahraga Outdoor Boleh Buka

Pemerintah mengizinkan restoran dan fasilitas olahraga di luar ruangan beroperasi. Namun, jumlah pengunjung dibatasi sampai 50 persen dari kapasitas.

5. Restoran dan Kafe yang Buka pada Malam Hari boleh Buka dari Jam 18:00 sampai 00:00

Dalam aturan baru yang yang tercantum di Kepgub Anies Nomor 1122, tertulis tentang operasional restoran atau kafe yang dimulai pada malam hari. Restoran kafe yang operasionalnya dimulai malam hari boleh buka dari jam 6 sore sampai jam 12 malam WIB dengan prokes ketat. Kapasitas hanya dibolehkan 25 persen dengan durasi makan maksimal 60 menit.

Untuk warung, kafe, warteg, pedagang kaki lima yang beroperasi dari pagi hari, diizinkan untuk buka sampai jam 21.00 dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen dan waktu makan maksimal 60 menit.

Dengan melonggarnya beberapa aturan PPKM, bisa dibilang bahwa terwujudnya Indonesia yang bebas covid-19 juga semakin dekat. Tetapi, kita juga harus tetap waspada, jangan sampai pelonggaran aturan yang ditetapkan malah membuat angka covid-19 naik lagi. Ayo terus pertahankan usaha kita untuk menjaga Indonesia dari covid-19.

Sumber:

https://www.suarasurabaya.net/info-grafis/2021/pelonggaran-ppkm-jawa-bali-sampai-4-oktober/

https://news.detik.com/berita/d-5732297/qr-code-pedulilindungi-cara-daftar-untuk-kantor-hingga-contoh-pengajuan

https://news.detik.com/berita/d-5735166/kepgub-baru-anies-ppkm-level-3-kantor-non-esensial-wfo-25-wajib-vaksin

https://news.detik.com/berita/d-5732810/instruksi-mendagri-terbit-begini-aturan-lengkap-ppkm-hingga-4-oktober

https://www.tribunnews.com/nasional/2021/09/22/anak-bawah-12-tahun-boleh-masuk-mal-bioskop-dibuka-ini-aturan-lengkap-ppkm-jawa-bali-level-3-2

https://news.detik.com/berita/d-5732297/qr-code-pedulilindungi-cara-daftar-untuk-kantor-hingga-contoh-pengajuan