Tren Hybrid Office di 2021 dan Cara Mempersiapkannya


Selama tahun 2020 ini kita telah mengalami berbagai macam perubahan besar, salah satunya adalah sistem baru Work From Home di mana dulunya kita sewajarnya selalu berada di kantor untuk bekerja sekarang kita bisa melakukan pekerjaan dari rumah. Tentu saja sistem kerja dari rumah ini merupakan suatu lifestyle baru yang memiliki sisi positif serta negatif untuk kita semua.

Dari sisi positif, kita bisa merasakan lingkungan baru untuk bekerja yang ternyata sudah bisa difasilitasi dengan kemajuan teknologi saat ini. Kita bisa menghadiri seminar yang biasanya sulit dicapai hanya dengan tersambung dengan video conference. Kita juga bisa lebih fokus dengan kebutuhan di rumah yang bisa kita penuhi kapan saja. Namun, di satu sisi produktivitas dari pekerjaan akan menjadi tantangan yang dihadapi. Selain itu, menurut survey dari Xerox, banyak juga yang mengaku ingin kembali merasakan suasana di kantor ketika kita bisa bersosialisasi dengan sesama karyawan dan bisa menaikkan motivasi selama bekerja. Kedua sisi ini kemudian akan membuat tren baru di mana perusahaan pun ingin mengakomodasi kedua cara kerja yang dilakukan secara bergantian, yaitu dengan menerapkan Hybrid Office.

Dengan tren yang kemungkinan akan berlanjut setahun ke depan ini, rasanya perlu untuk kita menyiapkan hal-hal berikut agar lingkungan kerja tetap produktif.

Buatlah peraturan tentang Hybrid Office yang sesuai dengan kondisi perusahaan


Lingkungan saat bekerja di kantor dengan bekerja di rumah tentu saja berbeda. Ada beberapa karyawan yang mungkin tidak bisa menyesuaikan diri agar bisa bekerja dengan produktif dari rumah. Untuk itu, perlu adanya peninjauan peraturan baru yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan agar pekerjaan bisa berjalan dengan mulus.

〉 Perjelas subjek dari peraturan yang berlaku

Ketika membuat peraturan, perjelas juga subjek dari peraturan tersebut. Misalnya, karyawan baru akan lebih cocok untuk bekerja di kantor agar terbiasa dengan budaya kerja perusahaan terlebih dahulu. Pertimbangkan juga beberapa posisi yang memang dirasa butuh untuk selalu ada di kantor sehingga peraturan bekerja dari rumah tidak berlaku pada karyawan ini.

〉 Buatlah panduan serta ekspektasi yang diharapkan saat karyawan bekerja dari rumah atau bekerja di kantor

Pikirkan segala skenario yang mungkin terjadi di lingkungan perusahaan. Terdapat beberapa pilihan cara kerja yang bisa dipakai seperti bekerja di kantor 3 hari dan di rumah 2 hari ataupun membiarkan karyawan memilih sendiri hari di mana mereka akan bekerja di rumah atau di kantor. Bisa juga dengan memberikan wewenang kepada manajer masing-masing divisi untuk menetapkan sendiri sistem kerja yang cocok dengan divisinya. Apapun itu, pastikan kembali kebutuhan serta produktivitas dari

〉 Bicarakan dengan karyawan cara mereka bekerja dari rumah

Pantau bagaimana cara karyawan bekerja dari rumah. Apakah mereka memiliki peralatan yang menunjang untuk bekerja? Bagaimana cara mereka akan berkomunikasi dengan timnya? Pastikan untuk terus mempertahankan komunikasi agar pekerjaan tetap berjalan dengan produktif.

Ubah ruang kerja kantor sesuai dengan kebutuhan


Ruang kerja yang dengan sekat cubicle mungkin adalah salah satu tipe ruangan yang sering ditemukan. Namun setelah adanya sistem hybrid office ini, work-life balance tentunya sudah dicukupi melalui sistem kerja di rumah yang memberikan kita space pribadi untuk bekerja. Sebaliknya, kantor pun jadi memiliki fungsi sebaliknya yaitu menjadi tempat untuk bekerja sama dan bersosialisasi dengan sesama karyawan. Penempatan meja yang lebih terbuka dan pengalihan fungsi dari beberapa fasilitas menjadi ruangan untuk bersosialisasi bisa jadi alternatif yang baik untuk menyeimbangkan work-life balance kita.
Selain itu untuk beberapa perusahaan, tentunya dengan adanya shift kerja di rumah dan kantor membuat kita berpikir kembali apakah perlu menggunakan space yang besar untuk jumlah karyawan yang datang?
Kembali lagi, semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing perusahaan. Contoh-contoh di atas adalah beberapa hal yang bisa kita tiru sesuai dengan fungsinya.

Siapkan peralatan serta teknologi yang mendukung kinerja tim dengan efisien


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pastikan peralatan yang dibutuhkan untuk karyawan bekerja dari rumah memadai untuk bisa bekerja secara efisien. Apakah perlu menyiapkan laptop serta komputer tersendiri untuk bekerja di kantor?
Selain itu, kita juga harus memilih teknologi yang tentunya dapat mendukung tim bisa bekerja secara efektif dan efisien selama terpisah. Berbeda dengan bekerja di kantor, bekerja dari rumah tentu akan lebih sulit untuk dipantau karena kita tidak bertatapan langsung dengan karyawan. Namun beberapa aplikasi serta website ini bisa membantu tim untuk bisa tetap fokus dan bekerja dengan efisien. Cek artikel di bawah ini untuk beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk bekerja remote dari rumah!

2020 telah banyak membuat perubahan di berbagai aspek namun tanpa kita sadari banyak hal yang telah berubah secara pesat dan tentunya bukanlah hal yang buruk untuk kita semua. Tren Hybrid Office ini pun diperkirakan akan berlanjut setahun ke depan ini dan karenanya tidak ada salahnya kita mempersiapkannya untuk bisa mendukung kinerja perusahaan seterusnya.

 

Sumber :
https://www.theverge.com/ad/21454724/hybrid-office-wfh-work-home

https://www.splashtop.com/the-future-of-work-is-the-hybrid-office-and-here-is-how-you-can-prepare-for-it

https://www.bbc.com/worklife/article/20200824-why-the-future-of-work-might-be-hybrid