Pentingnya Konseling Karyawan di Perusahaan


Dalam bekerja, khususnya di era yang stressful dan segalanya dilakukan dalam tempo kecepatan tinggi seperti sekarang, tentu wajar jika karyawan lebih mudah untuk merasa stres baik itu stres yang berhubungan dengan pekerjaan maupun personal. Stres yang berhubungan dengan pekerjaan misalnya stres dalam memenuhi target, work-load, deadline, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan personal, serta tanggung jawab dalam pekerjaan. Stres dan problema ini dapat mempengaruhi kinerja dan karir mereka.

Menjadi penting bagi perusahaan untuk membantu karyawannya dalam memberikan advice, membantu memecahkan masalah, dan meng-guide mereka untuk permasalahan yang mereka hadapi.

Menerapkan Program Konseling di Perusahaan

Salah satu program konseling yang dapat diterapkan oleh perusahaan ialah EAP atau Employee Assistance Program (Program Pendampingan Karyawan). Pada umumnya, perusahaan menyediakan layanan konsultasi untuk karyawan dengan psikolog profesional, namun dapat juga dilakukan dengan karyawan senior yang berpengalaman.
Konselor perusahaan ini harus memiliki beberapa sifat seperti dapat mendorong karyawan dalam jenjang karir mereka, tidak membandingkan karyawan satu dengan yang lain, dapat memahami situasi karyawan, dan memiliki waktu yang cukup untuk memahami permasalahan karyawan. Beberapa sifat ini penting untuk efektivitas program EAP.
Dari beberapa sifat di atas, sifat terpenting yang harus dimiliki oleh seorang konselor adalah dapat menjaga rahasia. Karyawan tidak akan mendiskusikan masalah pekerjaan maupun masalah pribadi mereka kepada konselor yang tidak dapat mereka percayai. Karyawan akan berpikir bahwa kebocoran informasi hanya akan membuat masalah mereka semakin memburuk.
Hal penting lainnya dalam konseling perusahaan ialah kemudahan akses untuk konseling. Perusahaan sebaiknya menyediakan service konseling yang mudah dijangkau oleh karyawan, baik itu tempat dan waktu (kemudahan untuk mereservasi sesi konseling). 

Manfaat Konseling di Perusahaan

Program konseling bermanfaat bukan hanya bagi karyawan, tetapi juga bagi perusahaan. Berikut beberapa contoh manfaat dari program konseling bagi karyawan dan perusahaan.

  1. Perbaikan performa karyawan

    Konseling dapat membantu karyawan dalam memecahkan permasalahan mereka di kantor dan juga permasalahan pribadi. Konselor dapat memberikan solusi atau advice pada karyawan untuk secara efektif mengatasi masalah mereka.
    Karyawan memiliki akses yang mudah untuk bertemu konselor dan juga memiliki tempat yang aman bagi mereka untuk membicarakan masalah. Konseling berdampak pada kemampuan karyawan untuk improve coping skills mereka dan juga dapat membantu karyawan untuk melihat permasalahan dari sisi yang lebih positif dan dari perspektif berbeda.
    Selain itu, dengan konseling, konselor akan dapat mengidentifikasi load pekerjaan dari karyawan yang kemudian dapat dijadikan perusahaan sebagai referensi untuk memperbaiki load pekerjaan pada tiap-tiap posisi.


  2. Perbaikan pada perusahaan dan membantu dalam pengambilan keputusan

    Hal yang menjadi masalah dalam perusahaan dapat diidentifikasi melalui konseling sebelum masalah tersebut dapat menjadi besar di kemudian hari. Melalui konseling, perusahaan juga dapat melihat perspektif baru mengenai karyawan maupun keadaan perusahaan.


  3. Membantu pencegahan karyawan resign dan pemutusan hubungan kerja dari perusahaan

    Konseling dapat menjadi media efektif dalam membantu karyawan untuk mengelola stres mereka serta dalam menghadapi permasalahan pekerjaan maupun pribadi. Hal ini akan berdampak pada penurunan probabilitas karyawan untuk burnout, absen, hingga resign. Selain itu, tentunya perusahaan pun tidak perlu

Konseling penting bagi perusahaan untuk dapat memahami problema karyawan, baik itu problema di lingkungan kerja maupun problema pribadi. Permasalahan ini dapat menjadi penyebab stres bagi karyawan yang kemudian berdampak pada produktivitas dan kinerja karyawan. Dengan program konseling yang dilakukan di perusahaan, terdapat manfaat-manfaat yang menguntungkan baik itu karyawan maupun perusahaan.

Sumber : https://surejob.in/employee-counselling.html

https://www.mseap.com/benefits-workplace-counseling/

https://www.accessengineeringblog.com/importance-of-implementing-counselling-in-an-organization/